30 Days Blogging Challenge – #Day12 “Favorite Childhood Book”

30-day-blogging-challenge

Sebenernya dulu gue termasuk pinter (DULU), soalnya umur tiga tahun gue udah bisa baca lancar. Gue udah bisa baca tulisan di majalah Bobo yang di bagian cergamnya itu dengan lancar (biasanya kan kalo anak kecil diajarin baca tulisannya gede-gede gitu) yang tulisannya kecil banget kek kutu. Gue nanya nyokap, katanya nggak ada yang ngajarin baca. Lho? Terus itu ceritanya gue bisa baca sejak umur tiga tahun gimana? Sampai sekarang masih menjadi misteri di dalam keluarga kami //zoom in zoom out

Tapi hobi membaca gue nih aslinya baru mulai sejak awal-awal SD, sejak bokap langganan majalah Bobo buat gue. Awalnya gue cuma baca cerpen sama cergamnya, tapi sejak kelas 3 mulai dah satu majalah sampe iklan-iklannya aja gue baca. That’s why kelas 5 SD gue udah pake kacamata, soalnya hobi gue baca beneran nggak kekontrol pas itu. Kapan aja dan dimana aja baca majalah mele.

Ya anak jaman dulu gitu ya hobinya baca sekarang mah hobinya apa atuh pacaran sama selfie //elus dada

Selain Bobo, gue juga suka baca Donal Bebek sejak kelas 4-5 gitu deh… Jujur aja gue malah jarang baca buku (literally buku) cerita anak-anak semacem prinses-prinses Disney gitu. Gue cuma punya dua (yang mungkin belinya pas kelas 6) yaitu Robin Hood sama The Aristocrats.

Sampe sekarang, buku bacaan jaman kecil gue yang paling gue suka itu Lima Sekawan. Hahaha… I’m not really into cerita detektif tapi Lima Sekawan ini gatau kenapa seru banget dibaca. Tubihanes novel Lima Sekawan gue nggak banyak sih, nggak ada sepuluh malahan. Tapi walaupun dibaca berulang-ulang pun tetep demen.

Gue udah berhenti langganan majalah Bobo sejak masuk SMP sih, terus ganti majalah apa sih majalah cewek itu Girls kayaknya (IYA GUE AJA GAPERCAYA GUE LANGGANAN MAJALAH GITUAN DUA TAON). Sekarang udah nggak langganan apa-apa, cuma adek gue aja yang sekarang langganan Donal Bebek.

Daaannn lo tau kapan pertama kali gue baca novel? Kelas 5 SD. Ya itupun bukan novel anak-anak cimit-cimit semacem petualangan si cebret mencari permata ajaib or blablablah… Tapi novelnya John Grisham. Novel tentang pengacara. Suer gue baca begituan. Judulnya The Street Lawyer. Bacanya pun sembunyi-sembunyi soalnya kalo ketauan ortu mesti diomelin anak kecil udah baca novel begituan.

Ya Allah idup gue…

Masa kecil gue tuh bener-bener full of books and stuff karena belum keracunan kipop dan lagi jaman gue kecil tuh jaman dimana anak kecil bener-bener ada pada kodratnya sebagai anak kecil. Sekarang? Belon sekolah aja udah pinter main gadget. Untung adek gue (yang notabene empat taun lebih muda dari gue) terselamatkan dari kehancuran generasi bangsa ini.

Ah, kenapa omongan gue udah kayak sesepuh bangsa Indonesia aja?

Sekarang meski udah keracunan dengan oppa, masih demen baca. Ya meski kebanyakan tuh baca fanfiction (tapi kan banyak juga fanfiction yang bener-bener bagus dan kalo itu bukan fanfiction itu bisa dijadiin novel best-seller). Kalau novel paling baca novelnya Orizuka atau Ilana Tan, kalo nggak Chicken Soup.

Karena meski gue bego secara akademis, gue merasa pinter dalam hal-hal yang tidak diajarkan di sekolah karena membaca itu. Terus karena membaca juga gue jadi punya passion buat nulis. Meski sebenernya passion itu sempet redup dan muncul lagi sejak gue mulai suka baca fanfiction. Tapi kan tetep aja yang membangkitkan passion gue itu karena baca.

Lah lama-lama malah jadi kayak acara motivasi gini.

Tapi beneran deh gue suka prihatin liat anak jaman sekarang. Perbandingannya keliatan banget sama pas gue kecil. Gue jaman SD tuh ya hobi tuh baca, main monopoli, tukeran binder, and then repeat gitu terus. Bahkan jaman SD gue malah udah ngoleksi perangko sama uang kuno/uang luar negeri.

Nah jaman sekarang? Kalo ditanya hobinya maen game, selfie, nongkrong di mall seminggu sekali, dll. Malah mungkin ada yang hobinya maen cowok. Bleh. Koleksi anak jaman sekarang mah udah bukan binder lagi, ngoleksi cowok kali ya. Bleh part 2.

Ah yaelah gue beneran berasa sesepuh bangsa aja.

Udahlah.

See ya next time. Bye.

.

.

.

-fin

Leave A Reply

